Bulakwaru.desa.id - Pada hari Rabu Tanggal 8 Januari 2025, telah dilaksanakan Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2025. Sosialisasi ini diselenggarakan di balai desa setempat pada pukul 19.30 WIB. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses keterbukaan anggaran kepada perwakilan Masyarakat di Tingkat Desa. Sebelum kegiatan Sosialisasi ini, ada beberapa tahapan yang sudah di lalui, yakni pembentukan Tim Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes), penggalian data, penetapan RKPDes, evaluasi RAPBDes dari pihak Kecamatan dan BPD serta yang terakhir Penetapan APBDes yang dilakukan oleh BPD Desa Bulakwaru.
Acara ini dihadiri oleh Camat Tarub, pendamping desa, BPD, perwakilan LPMD, Ketua RW, perwakilan Karangtaruna, kelompok tani, perwakilan dharmatirta dan bidan desa.
Selain sosialisasi melalui pertemuan tatap muka, transparansi anggaran ini rencananya di lakukan juga melalui pemasangan banner dan menampilkan di website desa.
Dalam kesempatan sosialiasai ini, Kepala Desa Bulakwaru menyampaikan bahwa Tahun Anggaran 2025 tema besarnya adalah di Bidang Ketahanan Pangan dan Digitalisasi Desa.
"Sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan Daerah, bahwa kami mengambil keputusan bahwa di tahun ini kita berfokus di bidang ketahanan pangan dan digitalisasi desa." ujarnya.
Di bidang ketahanan pangan, nanti sebelum masa tanam II akan dilaksanakan Rembug Tani, yang isi kegiatannya yakni doa bersama, revitalisasi Kepengurusan kelompok tani dan pembagian benih.
Selain itu juga ada kegiatan peningkatan saluran irigasi pertanian dan peningkatan jalan usaha tani berupa rijit beton.
"Kami membaca, bahwa tradisi yang sudah di tanamkan oleh para pendahulu kita sudah mulai ditinggalkan, yakni doa bersama menjelang penanaman. Maka dari itu, kita akan menghidupkan Kembali tradisi itu." ujar beliau.
Di bidang digitalisasi desa, Pemerintah Desa Bulakwaru membangun bukan hanya hilirnya saja, tapi dari hulu. Yakni kerjasama dengan UMKM lokal kaitan dengan usaha Internet Desa, yang sudah bersepakat bahwa ada keuntungan bersih setiap bulannya yakni 25% untuk pendapatan asli desa.
Selanjutnya, Pemerintahan Desa Bulakwaru akan melakukan pendataan warga sebagai sumber data di website desa. "Insya Allah nanti akan di mulai dalam 10 hari kedepan." tegasnya.
Setelah semua siap, ujungnya segala informasi baik kegiatan, anggaran desa dan layanan mandiri yakni pembuatan surat bisa melalui website desa.
"Kami mohon doa dan support agar pelaksanaan Pembangunan Desa Bulakwaru kedepan bisa lancer dan sukses memberi kemanfaatan kepada Masyarakat desa Bulakwaru." Tegasnya.
Dalam sambutan Ketua BPD Bulakwaru, menyampaikan terimkasih kepada Pemerintahan Desa Bulakwaru yang telah melaksanakan kegiatan Pembangunan desa di Tahun 2024. Sekaligus berharap agar di tahun 2025 bisa lebih lagi. "Kami berharap agar pelaksanan Pembangunan di tahun depan lebih baik lagi, dan saya mengapresiasi akan rencana digitalisasi desa sesuai dengan berkembangnya zaman." pungkasnya.
Selian itu, Abdul Syukur, S.I.P, MM sebagai Camat Tarub menyatakan bahwa Pemerintahan Desa Bulakwaru yang sudah melalui tahapan yang benar. "Kami meminta agar Masyarakat Bulakwaru bareng-bareng bersinergi dalam membangun Desa Tahun Anggaran 2025." tegasnya.
Kirim Komentar